Sabtu, 12 Desember 2009

RPP ekonomi kelas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(PLAN EXECUTION OF STUDY)

Sekolah : SMA NEGERI 4 TAKENGON

MATA PELAJARAN : EKONOMI

KELAS/SEMESTER : X/I

STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi

Kompetensi dasar : 1.1 Mengindentifikasi kebutuhan manusia

Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan

2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan

3. Mengindentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan

4. Mengindentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan

5. Mendiskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan

6. Mendiskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan

Alokasi waktu : 3 x 45 menit

A. Tujuan pembelajaran

1. Siswa dapat mendiskripsikan pengertian kebutuhan

2. Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan

3. Siswa dapat Mengindentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan

4. Siswa dapat Mengindentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan

5. Siswa dapat Mendiskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan

6. Siswa dapat Mendiskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan

B. Materi pokok

Kebutuhan Manusia

C. Uraian materi

1. Pengertian kebutuhan

2. Macam-macam kebutuhan

3. Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan

4. Pengertian benda pemuas kebutuhan

5. Macam-macam benda pemuas kebutuhan

6. Kegunaan benda pemuas kebutuhan

D. Pendekatan

Kontekstual

E. Metode pembelajaran

Diskusi kelompok

F. Skenario pembelajaran

1. Kegiatan awal

a. Apresiasi

Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan siswa memasuki ruang audio wisual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.

b. Motivasi

Pemenuhan kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.

2. Kegiatan inti

a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang disesuaikan dengan jumlah siswa

b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendiskripsikan pengertian kebutuhan

c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan

d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengindentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan

e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan

f. Kelompok kelima diberi tugas untuk mendiskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan

g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan

h. Masing-masing kelompok mendiskripsikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi

i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan

3. Kegiatan akhir

a. Guru dan siswa melakukan refleksi

b. Penilaian

· Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)

· Lembar pengamatan (afektif)

· Lembar pengamatan (psiko motorik)

c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi

G. Sumber dan alat.

Buku tks, ohp dan spidol.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar